Membangun website adalah sebuah proses yang menyenangkan. Pasalnya, selangkah lagi Anda bisa menjangkau banyak audiens secara online.

Nah, setelah itu, apa yang dilakukan setelah membuat website, ya? Apakah website bisa digunakan secara langsung?

Dapatkan Traffic Organik dari Social Media
Gunakan social media untuk mendapat perhatian! Ya, Anda bisa mendapatkan promosi gratis website Anda di platform media sosial populer seperti Twitter, Instagram, Facebook, Pinterest, dan LinkedIn.

Namun, pastikan platform yang dipilih adalah platform yang paling populer dengan audiens Anda. Mulai posting blog Anda secara teratur tentang topik tertentu pada akun social media untuk menghasilkan lebih banyak traffic ke website Anda secara gratis.

Memperbarui Konten Website Secara Konsisten

Tahukah Anda bila search engine mengapresiasi website yang aktif dengan peringkat pencarian yang lebih tinggi?

Dengan membarui konten situs Anda secara teratur dan konsisten, maka mesin pencari akan menganggap website Anda aktif. Dengan berdasarkan alasan ini, banyak perusahaan fokus pada content marketing untuk menarik traffic pada website. Dan dengan blogging dapat membantu Anda mendapatkan 97% lebih banyak tautan ke website Anda.

Content marketing memungkinkan Anda menjangkau orang melalui pencarian organik diantara 200 juta orang di seluruh dunia yang menggunakan ads blocker. Dengan konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan dengan keyword, Anda tidak perlu membayar iklan berbiaya mahal untuk mengarahkan orang ke website Anda.

Email Marketing
Mungkin Anda menganggap email marketing remeh. Tapi faktanya, email marketing tetap merupakan alat penting untuk mengarahkan konversi dimana sebanyak 59% B2B marketer mengklaim email marketing sebagai alat penghasil pendapatan paling efektif.

Apalagi dengan penggunaan email yang diperkirakan akan mencapai 3 miliar pengguna di tahun ini, setidaknya Anda memiliki ratusan hingga jutaan orang untuk dikirimi email dengan informasi tentang website Anda.

Promosikan Website Anda
Anda juga harus aktif melakukan promosi. Tujuannya agar situs yang Anda kelola bisa mendapat kunjungan dari relasi yang Anda miliki. Anda bisa mulai dengan mempromosikannya melalui media sosial. Jika Anda ingin lebih konsisten lagi, buatlah sebuah media sosial yang khusus menampilkan informasi tentang konten terbaru dari situs Anda.

Promosi Dengan Iklan Berbayar Untuk Perbanyak Pengunjung Website

Ini untuk mempercepat distribusi informasi. Dengan iklan berbayar, Anda dapat menyampaikan keberadaan website Anda ke puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang secara tertarget. Kuincinya adalah memahami kata kunci apa saja yang paling strategis, dan identifikasi profil dari target market Anda.

Iklan berbayar dapat dilakukan di saluran media sosial ataupun Google Search. Bedanya adalah:

  • Iklan di media sosial bersifat awareness, Anda tidak dapat terlalu berharap akan mendapatkan banyak hasil penjualan atau konversi. Akan tetapi, kehadiran bisnis Anda dapat cepat diketahui oleh banyak orang. Biasanya, biaya jangkauan di sosial media jauh lebih murah daripada biaya jangkauan di Google Search.
  • Iklan di mesin pencari Google. Ini akan lebih menjangkau orang-orang yang sudah siap untuk membeli. Pada umumnya, orang yang sudah siap untuk membeli akan melakukan sedikit riset atau Googling.

Iklan di Sosial Media juga dapat diarahkan untuk mendapatkan pengunjung website, namun sifat pengunjung lebih pada hanya ingin tau saja. Ini telah kami teliti berulang kali melalui Google Analytics, bahwa pengunjung website dari aktivitas iklan di sosial media lebih tinggi rasio pantulannya (bounce rate) ketimbang pengunjung dari iklan di Google Search.

[Bounce rate adalah seberapa banyak orang mengunjungi website Anda dan tidak melakukan tindakan apapun alias kemudian menutup browser]

Ada satu hal menarik di sini. Orang yang mengetahui bisnis Anda melalui sosial media dan kemudian saat mereka siap untuk membeli dan melakukan pencarian di Google, kemudian mereka menemui nama bisnis atau website Anda lagi maka orang tersebut kemungkinan besar akan melakukan transaksi dengan Anda.

Jangan lupa promosi secara OFFLINE / KONVENSIONAL juga efektif.

  • Membuat brosur/flyer yang diletakkan di mobil travel, atau travel agent.
  • Membuat T-Shirt Bisnis ketika kita berkumpul atau melakukan aktivitas Bisnis.
  • Membuat Kartu Nama, agar setiap orang/teman mengetahui siapa kita dan apa bisnis kita
  • Car Branding, membuat tulisan website di mobil/motor sebagai iklan gratis dimana setiap mobil berada
  • Spanduk/poster di depan kantor